Ilmu komputer adalah disiplin ilmu yang mencakup cabang ilmu yang relatif luas, mulai dari kasus, teori dasar, hingga teknologi aplikasi. Klasifikasi Ilmu Komputer secara umum mengacu pada Matriks Dennings yang merupakan salah satu matriks klasifikasi Ilmu Komputer yang dibuat oleh Peter J. Dennings. Klasifikasi ini mengalami beberapa kali revisi, dimana versi terakhir adalah versi tahun 1999.
Pada versi terbaru ini, ilmu komputer personal dibagi menjadi 12 subbidang (versi sebelumnya memiliki 9 subbidang).
12 subbidang Ilmu Komputer adalah:
1. Algoritma dan Struktur Data
2. Bahasa pemrograman
3. Arsitektur
4. Sistem operasi
5. Jaringan
6. Basis Data Rekayasa Perangkat Lunak
7. Sistem Pencarian Informasi
8. Kecerdasan buatan
9. Robotika
10. Grafik
11. Ilmu Komputasi Interaksi Komputer Manusia
12. Organisasi Informatika Bio Informatika
Dennings memberikan catatan khusus untuk bidang BioInformatika sebagai bidang baru yang merupakan gabungan antara Ilmu Komputer dan Biologi, dan saat ini mengalami perkembangan yang relatif signifikan.
Kemudian seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, ada kemungkinan matriks ini akan mengalami restorasi lebih lanjut di masa depan. Baris dalam matriks Denning ini menjelaskan bidang ilmu komputer pribadi. Sedangkan kolom-kolom pada matriks menggambarkan kerangka berpikir pada bidang-bidang tersebut, yang tercermin dalam 3 hal: Teori (Theory), Abstraksi (Abstraction), & Desain (Design)
Sekarang, silakan baca penjelasan berikut tentangnya.
1. Teori:
Didasarkan pada pendekatan matematis, dimana untuk menerima suatu teori yang valid harus melalui proses-proses sebagai berikut.
Ilmu komputer pribadi adalah disiplin ilmu yang mencakup cabang ilmu yang relatif luas, mulai dari kasus, teori dasar, hingga teknologi aplikasi. Klasifikasi Ilmu Komputer secara umum mengacu pada Matriks Dennings yang merupakan salah satu matriks klasifikasi Ilmu Komputer yang dibuat oleh Peter J. Dennings [1][2]. Klasifikasi ini mengalami beberapa kali revisi, dimana versi terakhir adalah versi tahun 1999 [2] [3]. Pada versi terbaru ini, ilmu komputer personal dibagi menjadi 12 subbidang (versi sebelumnya memiliki 9 subbidang).
12 subbidang Ilmu Komputer adalah:
1. Algoritma dan Struktur Data
2. Bahasa pemrograman
3. Arsitektur
4. Sistem operasi
5. Jaringan
6. Basis Data Rekayasa Perangkat Lunak
7. Sistem Pencarian Informasi
8. Kecerdasan buatan
9. Robotika
10. Grafik
11. Ilmu Komputasi Interaksi Komputer Manusia
12. Organisasi Informatika Bio Informatika
Dennings memberikan catatan khusus untuk bidang BioInformatika sebagai bidang baru yang merupakan gabungan antara Ilmu Komputer dan Biologi, dan saat ini mengalami perkembangan yang relatif signifikan.
Kemudian seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, ada kemungkinan matriks ini akan mengalami restorasi lebih lanjut di masa depan. Baris dalam matriks Denning ini menjelaskan bidang ilmu komputer pribadi. Sedangkan kolom-kolom pada matriks menggambarkan kerangka berpikir pada bidang-bidang tersebut, yang tercermin dalam 3 hal: Teori (Theory), Abstraksi (Abstraction), & Desain (Design)
Sekarang, silakan baca penjelasan berikut tentangnya.
1. Teori:
Didasarkan pada pendekatan matematis, dimana untuk menerima suatu teori yang valid harus melalui proses-proses sebagai berikut.
2. Definisi:
a) Penciptaan teorema (teorema),
b) Pembuktian,
c) Interpretasi hasil (interpretasi hasil)
3. Abstraksi (atau pemodelan):
Didasarkan pada metode eksperimen ilmiah, dimana dalam melakukan penyelidikan terhadap suatu fenomena, harus melalui proses sebagai berikut:
a) Membangun hipotesis (membentuk hipotesis),
b) Membuat contoh & membuat prediksi (membuat contoh dan membuat prediksi),
c) Merancang eksperimen & mengumpulkan data (merancang eksperimen dan mengumpulkan data)
4. Perancangan :
didasarkan pada pendekatan rekayasa (teknis), dimana pada saat merancang suatu sistem atau perangkat untuk menyelesaikan suatu permasalahan, harus melalui proses-proses sebagai berikut:
a) Menyatakan persyaratan (state requiremen),
b) Menyatakan spesifikasi (state spesifikasi),
c) Melakukan system design &implementation (merancang dan mengimplementasikan sistem),
d) Testing the system (menguji sistem)
Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa mereka yang terlibat dalam kasus penelitian ilmu komputer akan memiliki banyak 2 kolom pertama matriks (Teori & Abstraksi). Sedangkan yang mengerjakan kasus lebih teknis dengan pendekatan engineering, akan lebih banyak bergerak pada cakupan 2 kolom terakhir matriks (Abstraksi & Desain)
1. Klasifikasi Ilmu Komputer
Rangkuman lengkap pembagian terstruktur ilmu komputer personal dari Denning Matrix versi 1999 misalnya di bawah ini. Penulis sengaja melakukan pembaharuan, terjemahan, dan singkatan, agar lebih mudah dalam memahami divisi ilmu komputer yang terstruktur ini.
Teori dan Abstraksinya adalah:
Desain Algoritma Teori & Struktur Data
Teori Komputasi Algoritma Paralel & Terdistribusi
Program Aplikasi Komputasi Kompleks
Teori Komputasi Paralel Grafik Algoritma Efisien & Optimal
Teori Kriptografi Algoritma & Probabilistik
Bahasa Pemrograman Teori
Bahasa Formal & Bahasa Pemrograman BNF Automata Mesin Turing
Metode Parsing, Kompilasi, Interpretasi
Penerjemah Semantik Formal, Kompiler, Interpreter Boolean
Arsitektur Aljabar
Pengkodean Produk Perangkat Keras Arsitektur Nueman (PC, Superkomputer, Mesin Von Neumann).
Teori Keandalan Perangkat Keras Peralihan Mesin Keadaan Hingga
Teori Sistem CAD & Simulasi Logika Mesin Keadaan Hingga
Model Sirkuit Teori, Jalur Data, Struktur Kontrol Sistem Operasi & Konkurensi Jaringan
Teori Manajemen Memori, Penjadwalan Pekerjaan Penjadwalan Produk OS (UNIX, Windows, Mach, dll.).
Teori Model Komputer Terdistribusi File & Sistem File Manajemen Memori
Teori Jaringan (Protokol, Penamaan, dll.) Perpustakaan untuk Utilitas (Editor, Formatter, Linker, dll.) )
Keandalan Rekayasa Perangkat Lunak
Spesifikasi Bahasa Teori
Metode Verifikasi Spesifikasi Program dan Otomasi Pengembangan Program Pembuktian
Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Metodologi Alat Logika Temporal Alat Pengembangan Perangkat Lunak untuk Pengembangan Perangkat Lunak Basis Data & Informasi
Sistem Pengambilan Aljabar Relasional & Kalkulus Data
Basis Data Model Data
Teknik Desain (Relasional, Hierarki, Jaringan, dll.) Ketergantungan
Konkurensi Teori
Skema Basis Data Teori
Sistem Basis Data
Teknik Desain (Ingres, Dbase, Oracle, dll.)
Analisis Kinerja Penyortiran & Pencarian
Representasi File untuk Pengambilan Statistik Sistem Hypertext
Inferensi Kecerdasan Buatan & Logika Robotika
Teori Pemrograman Logika Representasi Pengetahuan (Prolog)
Model Semantik & Sintaksis untuk Pencarian Bahasa Alami
Metode Ketergantungan Konseptual Jaringan Neural Heuristik
Model Sistem Pakar Penalaran & Pembelajaran
Kinematika dan Dinamika Gerak Robot
Model Memori Manusia, Perangkat Lunak Pembelajaran Otonom
Teknik Desain Grafik Pemrograman Logika
Teori & Grafik Algoritma Komputer Berwarna
Perpustakaan untuk Grafik Geometri Dua Dimensi atau Lebih
Model untuk Kekacauan Grafik Standar Realitas Virtual
Teori Grafik Komputer
Metode Sistem Peningkatan Citra Manusia
Pengenalan Pola Analisis Risiko Interaksi Komputer
Simulasi Penerbangan Psikologi Kognitif CAD
Nomor Ilmu Komputasi Rekayasa Kegunaan Sistem
Teori Pendekatan Diskrit, Fast Fourier
Transformasi dan Pemecah Poisson
Perpustakaan & Paket Alat Penelitian (Chem, Macsyma, Mathematica, Maple, Reduce, dll.)
Representasi Biner Propagasi Kesalahan Mundur
Teori Model Elemen Hingga Kuantum, Organisasi
Model & Simulasi Ilmu Organisasi Informatika Herbi Manajemen Informatika Organisasi
Sistem Informasi Sistem Pendukung Keputusan Pengambilan Keputusan
Ilmu Pengetahuan Dinamika Organisasi Komputasi Bioinformatika
Teori Model Komputasi Kimia DNA Perangkat Memori Organik
Prototipe Retina Ilmu Biologi Berdasarkan Genom Manusia Silikon
Proyek Basis Data Genom Manusia Obat
Analisis Komputer Terhadap Model Basis Data
2. Sistem Klasifikasi Komputasi ACM (CCS)
Association for Computing Machinery (ACM) sebagai asosiasi keilmuan tertua di bidang komputer pribadi di dunia juga menyusun sistem klasifikasi terstruktur untuk bidang komputasi (computing), yang populer dengan sebutan ACM Computing Classification System (CSS) .
Sistem Klasifikasi Komputasi ACM dibagi menjadi 3 tingkatan, dimana sistem penyusunannya seperti menggunakan Dewey Decimal Classification System (DCC) yang saat ini digunakan sebagai standar penyusunan katalog buku di perpustakaan. Sistem klasifikasi ini terbagi menjadi 3 besar, berdasarkan tahun terbitnya. Klasifikasi lengkapnya misalnya di bawah ini.
1. Sistem Klasifikasi 1998
2. Sistem Klasifikasi 1991
3. Sistem Klasifikasi 1964
Demikian, semoga bermanfaat.a) Penciptaan teorema (teorema),
b) Pembuktian,
c) Interpretasi hasil (interpretasi hasil)
3. Abstraksi (atau pemodelan):
Didasarkan pada metode eksperimen ilmiah, dimana dalam melakukan penyelidikan terhadap suatu fenomena, harus melalui proses sebagai berikut:
a) Membangun hipotesis (membentuk hipotesis),
b) Membuat contoh & membuat prediksi (membuat contoh dan membuat prediksi),
c) Merancang eksperimen & mengumpulkan data (merancang eksperimen dan mengumpulkan data)
4. Perancangan :
didasarkan pada pendekatan rekayasa (teknis), dimana pada saat merancang suatu sistem atau perangkat untuk menyelesaikan suatu permasalahan, harus melalui proses-proses sebagai berikut:
a) Menyatakan persyaratan (state requiremen),
b) Menyatakan spesifikasi (state spesifikasi),
c) Melakukan system design &implementation (merancang dan mengimplementasikan sistem),
d) Testing the system (menguji sistem)
Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa mereka yang terlibat dalam kasus penelitian ilmu komputer akan memiliki banyak 2 kolom pertama matriks (Teori & Abstraksi). Sedangkan yang mengerjakan kasus lebih teknis dengan pendekatan engineering, akan lebih banyak bergerak pada cakupan 2 kolom terakhir matriks (Abstraksi & Desain)
1. Klasifikasi Ilmu Komputer
Rangkuman lengkap pembagian terstruktur ilmu komputer personal dari Denning Matrix versi 1999 misalnya di bawah ini. Penulis sengaja melakukan pembaharuan, terjemahan, dan singkatan, agar lebih mudah dalam memahami divisi ilmu komputer yang terstruktur ini.
Teori dan Abstraksinya adalah:
- Desain Algoritma Teori & Struktur Data
- Teori Komputasi Algoritma Paralel & Terdistribusi
- Program Aplikasi Komputasi Kompleks
- Teori Komputasi Paralel Grafik Algoritma Efisien & Optimal
- Teori Kriptografi Algoritma & Probabilistik
- Bahasa Pemrograman Teori
- Bahasa Formal & Bahasa Pemrograman BNF Automata Mesin Turing
- Metode Parsing, Kompilasi, Interpretasi
- Penerjemah Semantik Formal, Kompiler, Interpreter Boolean
- Arsitektur Aljabar
- Pengkodean Produk Perangkat Keras Arsitektur Nueman (PC, Superkomputer, Mesin Von Neumann).
- Teori Keandalan Perangkat Keras Peralihan Mesin Keadaan Hingga
- Teori Sistem CAD & Simulasi Logika Mesin Keadaan Hingga
- Model Sirkuit Teori, Jalur Data, Struktur Kontrol Sistem Operasi & Konkurensi Jaringan
- Teori Manajemen Memori, Penjadwalan Pekerjaan Penjadwalan Produk OS (UNIX, Windows, Mach, dll.).
- Teori Model Komputer Terdistribusi File & Sistem File Manajemen Memori
- Teori Jaringan (Protokol, Penamaan, dll.) Perpustakaan untuk Utilitas (Editor, Formatter, Linker, dll.) )
- Keandalan Rekayasa Perangkat Lunak
- Spesifikasi Bahasa Teori
- Metode Verifikasi Spesifikasi Program dan Otomasi Pengembangan Program Pembuktian
- Metode Pengembangan Perangkat Lunak
- Metodologi Alat Logika Temporal Alat Pengembangan Perangkat Lunak untuk Pengembangan
- Perangkat Lunak Basis Data & Informasi
- Sistem Pengambilan Aljabar Relasional & Kalkulus Data
- Basis Data Model Data
- Teknik Desain (Relasional, Hierarki, Jaringan, dll.) Ketergantungan
- Konkurensi Teori
- Skema Basis Data Teori
- Sistem Basis Data
- Teknik Desain (Ingres, Dbase, Oracle, dll.)
- Analisis Kinerja Penyortiran & Pencarian
- Representasi File untuk Pengambilan Statistik Sistem Hypertext
- Inferensi Kecerdasan Buatan & Logika Robotika
- Teori Pemrograman Logika Representasi Pengetahuan (Prolog)
- Model Semantik & Sintaksis untuk Pencarian Bahasa Alami
- Metode Ketergantungan Konseptual Jaringan Neural Heuristik
- Model Sistem Pakar Penalaran & Pembelajaran
- Kinematika dan Dinamika Gerak Robot
- Model Memori Manusia, Perangkat Lunak Pembelajaran Otonom
- Teknik Desain Grafik Pemrograman Logika
- Teori & Grafik Algoritma Komputer Berwarna
- Perpustakaan untuk Grafik Geometri Dua Dimensi atau Lebih
- Model untuk Kekacauan Grafik Standar Realitas Virtua
- Teori Grafik Komputer
- Metode Sistem Peningkatan Citra Manusia
- Pengenalan Pola Analisis Risiko Interaksi Komputer
- Simulasi Penerbangan Psikologi Kognitif CAD
- Nomor Ilmu Komputasi Rekayasa Kegunaan Sistem
- Teori Pendekatan Diskrit, Fast Fourier
- Transformasi dan Pemecah Poisson
- Perpustakaan & Paket Alat Penelitian (Chem, Macsyma, Mathematica, Maple, Reduce, dll.)
- Representasi Biner Propagasi Kesalahan Mundur
- Teori Model Elemen Hingga Kuantum, Organisasi
- Model & Simulasi Ilmu Organisasi Informatika Herbi Manajemen Informatika Organisasi
- Sistem Informasi Sistem Pendukung Keputusan Pengambilan Keputusan
- Ilmu Pengetahuan Dinamika Organisasi Komputasi Bioinformatika
- Teori Model Komputasi Kimia DNA Perangkat Memori Organik
- Prototipe Retina Ilmu Biologi Berdasarkan Genom Manusia Silikon
- Proyek Basis Data Genom Manusia Obat
- Analisis Komputer Terhadap Model Basis Data