MANAJEMEN WAKTU
Sebelum kita mengenalnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan manajemen waktu.
Manajemen waktu adalah cara mudah untuk mengatur waktu kita dalam aktivitas sehari-hari. Kami sama-sama sadar bahwa seringkali kami kewalahan dalam mengatur waktu. Terkadang waktu yang telah kita ingat untuk sesuatu yang harus dilakukan atau direncanakan, tidak akan selalu kita ingat, dan apa yang telah kita rencanakan, tidak selalu akan berjalan dengan lancar. Selain itu kendala dari berbagai faktor, seperti umur (lupa), kelalaian, sifat selalu menunda-nunda, malas bergerak, atau loncat katak yang langsung bergerak tanpa pikir panjang dapat menyebabkan waktu pelaksanaan menjadi berbenturan, dan kegiatan-kegiatan lain akan menjadi korban akibatnya (waktu yang bentrok). Tentu saja hal ini akan sangat merugikan kita. Sebuah peluang yang lebih berharga akan terlewatkan begitu saja karena kita salah dalam mengelolanya. Selain kita tidak tahu mana yang penting, lebih penting, dan terpenting dalam menilainya, tanpa kita sadari kita tidak mengetahui dan menyadari betapa pentingnya waktu terlebih dahulu.
Sebelum kita membahas cara praktis mengatur waktu dengan baik, alangkah baiknya kita mengetahui apa sebenarnya waktu itu.
Waktu ada ketika ruang tercipta, dan waktu berjalan ketika benda atau isi ruang tersebut bergerak melalui ruangan itu sendiri, yang memerlukan waktu yang relatif lama, tergantung pada kepadatan dan kecepatan benda tersebut dalam melewati dan melewati suatu ruangan.
Waktu juga terkandung dalam pepatah lama bahwa waktu adalah uang, yang dapat diterjemahkan juga bahwa waktu adalah kesempatan. Jika kita tidak bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, maka kita akan kehilangan peluang dalam hidup ini, baik dalam berkarir, maupun mencari uang. Waktu juga merupakan pedang (Pepatah Arab), jika kita tidak bisa menggunakan pedang dengan baik, maka kita akan tertebas oleh pedang lawan jika dalam hitungan detik kita tidak bisa menghindarinya, atau dengan kata lain kita akan terlindas oleh waktu.
Waktu juga dinyatakan dalam Islam dalam surat Al-Ashr: 3 ayat yang artinya :
“1. Demi Waktu; 2. Sesungguhnya manusia itu merugi; 3. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, dan menghendaki bersaksi dengan kebenaran, dan menghendaki bersaksi dengan sabar.”
Dalam arti kata, waktu adalah salah satu aset paling berharga dalam hidup ini, juga di hari esok. Waktu tidak akan bisa kembali jika kita bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Sejarah tidak akan terulang kembali, dan manusia tidak akan bisa kembali ke dunia setelah berada di akhirat. Sebuah pernyataan pernah mengatakan bahwa sesuatu yang terjauh dan terjauh adalah waktu jika kita mengabaikannya, dan yang mendekatkan adalah kematian. Maka pergunakanlah waktu sebaik-baiknya untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat (Bahagia dunia dan bahagia akhirat).
Baca Juga : Why Do Muslim Pray 5 Times A Day
Istilah waktu dan cara kita mengelola atau mengaturnya sudah ada lebih jauh dibandingkan dengan berbagai literasi lainnya juga, untuk itu ada baiknya kita mengatur dan memanfaatkannya secara tepat dan efisien, dalam artian kita harus membuat semacam pengaturan perencanaan waktu agar waktu tidak terbuang sia-sia atau berlalu begitu saja tanpa meninggalkan manfaat apapun bagi diri sendiri atau orang lain.
Manajemen waktu yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1. PERENCANAAN JADWAL
Perencanaan jadwal merupakan bagian dari perencanaan jadwal, mengingat apa yang harus dilakukan adalah hal yang penting. Selain rutinitas, jadwal tambahan yang dirasa perlu juga bisa direncanakan, sehingga bila ada waktu luang bisa dilakukan. Namun ingat, jangan korbankan waktu istirahat untuk tujuan itu.
2. PRIORITAS
Prioritas adalah pilihan utama. Setelah mengingat tugas atau aktivitas, pilih mana yang penting sebagai bagian dari jadwal. Tugas atau kegiatan yang akan dipilih merupakan bagian terpenting dari keseluruhan rangkaian kegiatan mulai dari pembuatan jadwal nantinya.
3. TULIS JADWAL
Penulisan jadwal harus dengan skema yang menarik, dan tempelkan di tempat yang mudah Anda ingat.
Berikut adalah contoh skema Jadwal Pekerjaan:
No. |
Time |
Activities |
1. |
04.00 WIB |
Get Up |
2. |
07.00 WIB |
Work/Study |
3. |
12.00 WIB |
Take A Rest |
4. |
14.00 WIB |
Work/Study |
5. |
17.00 WIB |
Go Home |
6. |
19.00 WIB |
Doing Homework |
7. |
20.00 WIB |
Sleep |